Pengantar Bisnis Informatika PT XL Axiata Tbk.
MAKALAH
PT. XL Axiata
DOSEN
Rosny
Gonidjaya, SKOM, MMSI
DISUSUN OLEH :
Gusti Bayu Khamdi Ajie (52415961)
Kurnia Bintang Cahyadi A (53415761)
Rudi Gigih Prabowo (56415293)
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI
INDUSTRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2018/2019
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur
ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya kepada kami,
karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga
kami dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah pengantar bisnis informatika yang
berisi tentang informasi seputar PT. XL Axiata dengan baik tanpa ada halangan
yang berarti.
Kami menyadari bahwa dalam
pembuatan makalah ini dapat diselesaikan dengan maksimal berkat bimbingan dosen
serta kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami
sampaikan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah berkontribusi secara
maksimal sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi.
Kami berharap semoga makalah ini
bisa menambah pengetahuan para pembaca tentang PT.XL Axiata. Diluar itu, kami
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari
segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Namun demikian, kami telah
berupaya dengan sebaik-baiknya dari segala kemampuan yang dimiliki sehingga
dapat meghasilkan sebuah karya yang baik. Oleh sebab itu, dengan segala
kerendahan hati kami menerima segala kritik dan saran yang membangun dari
pembaca.
Depok,
26 November 2018
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Tujuan
BAB 2 PEMBAHASAN
2.1. PT XL Axiata Tbk.
2.1.1. Visi
dan Budaya
2.2. SDM dan Organisasi
2.2.1. Deskripsi
dan spesifikasi tugas
2.3. Aspek Pemasaran
2.4. Regulasi dan Prosedur Pendirian
Perusahaan
2.4.1. Bentuk-bentuk
usaha
2.4.2. Prosedur dan Legaliat
2.4.2. Prosedur dan Legaliat
2.5. Aspek Keuangan
2.5.1. Estimasi Biaya/Satuan Biaya
2.5.2. Penyusunan Anggaran
2.5.3. Penyusunan Cashflow
2.6. Time Value of Money
& Suku bunga pencatatan keuangan sederhana
BAB 3 PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun
beroperasi di pasar Indonesia, PT XL Axiata Tbk atau disebut juga XL
merupakan salah satu penyedia layanan seluler terkemuka di Indonesia. Saat ini,
XL dipandang sebagai salah satu penyedia layanan seluler untuk Data dan Telepon
terkemuka di Indonesia.
XL memulai usaha sebagai perusahaan dagang dan
jasa umum pada tanggal 6 Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari.
Pada tahun 1996, XL memasuki sektor telekomunikasi setelah mendapatkan izin
operasi GSM 900 dan secara resmi meluncurkan layanan GSM. Dengan demikian, XL
menjadi perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon
seluler.
PT. XL Axiata Tbk sebelumnya bernama PT. Excelcomindo Pratama Tbk karena Pada tanggal 16 November 2009, RUPSLB XL menetapkan
perubahan nama perusahaan dari PT. Excelcomindo Pratama Tbk menjadi PT XL
Axiata Tbk adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di
Indonesia yang memiliki dua link produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL
Pascabayar. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang
termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP. XL mulai
beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996 dan
merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di
Indonesia.
Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi
seluler terkemuka di Indonesia, melalui jangkauan jaringan dan layanan yang
luas di seluruh Indonesia, XL Axiata menyediakan layanan bagi pelanggan ritel
dan menawarkan solusi bisnis untuk pelanggan korporat. Layanan-layanan
ini meliputi Data, Voice, SMS dan layanan bernilai tambah digital. XL
Axiata mengoperasikan jaringan pada teknologi GSM 900/DCS 1800 dan IMT-2000/3G.
XL
Axiata juga memegang Izin Penyelenggaraan Jasa Penyediaan Konten, Izin
Penyelenggaraan Jasa Akses Internet (ISP), Izin Penyelenggaraan Jasa
Interkoneksi Internet (NAP), Izin Penyelenggaraan Jasa Internet Teleponi untuk
Keperluan Publik (VoIP), Izin Penyelengagraan Jaringan Tetap Tertutup (Closed
Fixed Network/ Leased Line) serta Izin Penerbit E-Money dari Bank Indonesia
yang memungkinkan XL Axiata untuk dapat menyediakan jasa pengiriman uang kepada
pelanggannya.
1.2.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana
regulasi dan prosedur perusahaan?
2. Bagaimana
dengan SDM dan organisasi yang terdapat didalam perusahaan?
3. Bagaimana
dengan aspek pemasaran yang ditawarkan oleh perusahaan?
4. Bagaimana
dengan aspek keuangan perusahaan?
1.3.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui regulasi dan prosedur perusahaan tersebut.
2. Untuk
mengetahui SDM dan Organisasi dalam perusahaan tersebut.
3. Untuk
mengetahui aspek-aspek pemasaran sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh
perusahaan.
4. Untuk
mengetahui aspek-aspek keuangan dari perusahaan tersebut.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1.
PT XL Axiata Tbk.
2.1.1.
Visi dan Budaya
Visi
Untuk
menjadi penyedia konektivitas data yang paling disukai pada tahun 2020
Budaya
1.
Uncompromising
Integrity
Memiliki standar etika tinggi dan tidak ada toleransi
terhadap perilaku yang tidak etis
2.
Team
Synergy
Penuh semangat dalam bekerja sama dan memastikan
tujuan bersama tercapai
3.
Simplicity
Melakukan yang terbaik untuk memberikan solusi yang
mudah digunakan dan melebihi harapan pelanggan.
4.
Exceptional
Performance
Selalu semangat dalam memberikan kinerja terbaik.
2.2.
SDM dan Organisasi
Struktur organisasi dari
perusahaan PT XL AXIATA .Tbk yaitu:
1.
Struktur
data kelola perusahaan
2. Struktur Organisasi
Gambar 2.1 Struktur kelola perusahaan |
2. Struktur Organisasi
Gambar 2.2 Struktur Organisasi |
2.2.1.
Deskripsi dan
spesifikasi tugas
Sistem
penggajian
2.3.
Aspek Pemasaran
Spesifikasi
produk/jasa PT XL AXIATA .Tbk
1.
Jasa
layanan seluler ( meliputi 2G,IMT-2000/3G)
2.
Jasa
akses internet
3.
Jasa
internet teleponi untuk keperluan publik
4.
Jasa
penyedia konten
5.
Jasa
pengiriman uang bagi badan usaha selain bank
6.
Jasa
penerbitan uang elektronik
7.
Jasa
interkoneksi internet
8.
Jaringan
tetap tertutup
a.
Analisis
situasi pasar (sesuai produk/jasa yang ditawarkan)
Tujuan
atau sasaran dari XL AXIATA adalah dari semua kalangan yg menggunakan
jasa/barang untuk menggunakan jasa internet XL AXIATA
b.
Analisis
pesaing (sesuai produk/jasa yang ditawarkan)
Keberhasilan
bisnis salah satunya tau akan kemampuan pesaingnya ,dengan menopang manajemen
dalam memutuskan akan bersaing dan bagaimana posisi di antara pesaing, XL
AXIATA bisa bersaing dengan perusahaan internet yg lain dan tergolong
perusahaan yg bisa bersaing.
c.
Strategi
promosi
XL AXIATA
mempunyai beberapa strategi promosi melalui banner, reklame, event2 besar yg di
selengkagarakan serta menjanjikan promosi2 yang menggiurkan agar membuat
pelanggan menarik.
d.
Media
promosi berbasis TI
Media
promosi berbasis TI meliputi Iklan di TV, Iklan pada situs2 web, Iklan pada
aplikasi pemutar video (Youtube) dan juga di media sosial berupa Facebook,
Twitter dan Instagram.
2.4.
Regulasi dan Prosedur Pendirian Perusahaan
2.4.1.
Bentuk-bentuk usaha
PT XL Axiata
Tbk. memiliki satu anak perusahaan dengan membagi sahamnya 50% dengan PT
Indosat Tbk.
Perusahaan
ini bernama PT One Indonesia Synergy yang bertujuan untuk melakukan aktivitas
konsultansi dan manajemen fasilitas Komputer, termasuk fasilitas infrastruktur
perangkat lunak dan perangkat keras di telekomunikasi.
2.4.2. Prosedur dan Legalitas
1. Dasar Hukum Pendirian
Tanggal Pendirian : 6 Oktober 1989
Tanggal Pendirian : 6 Oktober 1989
Tanggal Pendirian : 6 Oktober 1989
Legal Foundation of Establishment
Akta pendirian no. 55, tanggal 6 Oktober 1989 sebagaimana diubah oleh Akta no. 79 tanggal 17 Januari 1991, keduanya dibuat di hadapan Rachmat Santoso, S.H., notaris di Jakarta, dan telah disahkan oleh menkumham berdasarkan Keputusan No. C2-515 HT.01.01.TH.91 tanggal 19 Februari 1991, dan didaftarkan dalam Daftar Perusahaan di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di bawah no. 670/not/1991/pn.JKT.SeL dan no. 671/not/1991/pn.JKT.SeL, keduanya tanggal 21 Agustus 1991, dan telah diumumkan dalam Berita negara Republik Indonesia no. 90 tanggal 8 november 1991, Tambahan no. 4070.
Akta pendirian no. 55, tanggal 6 Oktober 1989 sebagaimana diubah oleh Akta no. 79 tanggal 17 Januari 1991, keduanya dibuat di hadapan Rachmat Santoso, S.H., notaris di Jakarta, dan telah disahkan oleh menkumham berdasarkan Keputusan No. C2-515 HT.01.01.TH.91 tanggal 19 Februari 1991, dan didaftarkan dalam Daftar Perusahaan di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di bawah no. 670/not/1991/pn.JKT.SeL dan no. 671/not/1991/pn.JKT.SeL, keduanya tanggal 21 Agustus 1991, dan telah diumumkan dalam Berita negara Republik Indonesia no. 90 tanggal 8 november 1991, Tambahan no. 4070.
3.
Produk
dan Layanan
a. Jasa layanan seluler ( meliputi
2G,IMT-2000/3G)
b. Jasa akses internet
c. Jasa internet teleponi untuk keperluan publik
d. Jasa penyedia konten
e. Jasa pengiriman uang bagi badan usaha selain
bank
f.
Jasa penerbitan uang
elektronik
g. Jasa interkoneksi internet
h.
Jaringan tetap
tertutup
4. Legalitas Perusahaan
Nama Perusahaan
|
PT XL Axiata Tbk
|
Alamat Perusahaan
|
No.Kav 11, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav. X-2 No. 5,
RT.9/RW.4, Kuningan Timur, Setia Budi, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
|
Bidang Usaha
|
Penyediaan jasa telekomunikasi, jaringan
telekomunikasi dan multimedia
|
No.Telepon
|
(+62 21) 576 1881
|
No.Faximile
|
(+62 21) 579 59928
|
Email
|
2.5.
Aspek
Keuangan
a.
Komponen
Biaya
PT XL Axiata memiliki
komponen biaya sebagai berikut :
Berdasarkan data diatas, penjualan setiap tahunnya mengalami
perubahan, ada yang mengalami kenaikan dan ada pula yang mengalami penurunan.
Terkecuali saham, karena jumlah lembar sahamnya selalu mengalami kenaikan hanya
pada tahun 2014 jumlah sahamnya tetap seperti pada saham tahun 2013.
2.5.1.
Estimasi Biaya/Satuan Biaya
Berkat segala upaya
dan kerja keras yang dilakukan oleh seluruh manajemen dan karyawan, pendapatan
dari hasil penjualannya stabil diatas 21ribu (dinyatakan dalam jutaan rupiah).
Hal ini dikarenakan persaingan usaha yang semakin meningkat diantara para
penyedia layanan yang serupa.
Gambar 2.6 Perbandingan Pendapatan |
2.5.2.
Penyusunan Anggaran
Dikarenakan
persaingan yang semakin ketat, pertumbuhan dari aset dan liabilitas dari PT XL
Axiata ini terbilang wajar, karena setiap tahunnya mengalami kenaikan dan
penurunan tetapi angka tersebut masih didalam batas stabil.
Gambar 2.7 Anggaran |
2.5.3.
Penyusunan Cashflow
Dari data yang ada,
Penerimaan dari pelanggan operator lain mengalami kenaikan, namun biaya lainnya
mengalami kenaikan pula, hal itu yang menyebabkan kas bersih yang diterima
lebih kecil di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, kas pada akhir
periode mengalami kenaikan yang cukup tinggi.
Gambar 2.9 Cashflow PT XL Axiata |
2.6.
Time
Value of Money & Suku bunga pencatatan keuangan sederhana
Catatan keuangan
BAB 3
PENUTUP
3.1.
Kesimpulan
Dari paparan atau
penjelasan di atas, maka kami dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah
pengantar bisnis informatika yang berisi informasi tentang PT. XL Axiata, bahwa
PT. XL Axiata merupakan perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan
layanan telepon seluler dan Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi
seluler terkemuka di Indonesia yang mempunyai mayoritas saham dimiliki oleh
Axiata melalui Axiata Investments (Indonesia) yang merupakan induk perusahaan
PT. XL Axiata Sdn. Bhd sebanyak (66,4 %) dan sisanya dipegang oleh publik (33,6
%).
3.2.
Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata
sempurna, kedepannya kami akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan
tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentu juga
dapat di pertanggung jawabkan.
Kami juga membutuhkan kritik dan saran agar
bisa menjadikan motivasi bagi kami agar kedepan bisa lebih baik. Terima kasih
kepada semua pihak yang sudah membantu sehingga makalah ini dapat kami
selesaikan dengan tepat waktu.
Komentar
Posting Komentar