Pengantar Bisnis Informatika PT XL Axiata Tbk.



MAKALAH
PT. XL Axiata
(PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA)
DOSEN
Rosny Gonidjaya, SKOM, MMSI
DISUSUN OLEH :
Gusti Bayu Khamdi Ajie (52415961)
Kurnia Bintang Cahyadi A (53415761)
Rudi Gigih Prabowo (56415293)


TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018/2019

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya kepada kami, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga kami dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah pengantar bisnis informatika yang berisi tentang informasi seputar PT. XL Axiata dengan baik tanpa ada halangan yang berarti.

Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini dapat diselesaikan dengan maksimal berkat bimbingan dosen serta kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami sampaikan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah berkontribusi secara maksimal sehingga makalah ini bisa disusun dengan baik dan rapi.


Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan para pembaca tentang PT.XL Axiata. Diluar itu, kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Namun demikian, kami telah berupaya dengan sebaik-baiknya dari segala kemampuan yang dimiliki sehingga dapat meghasilkan sebuah karya yang baik. Oleh sebab itu, dengan segala kerendahan hati kami menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca. 


Depok, 26 November 2018





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR. 2
BAB 1        PENDAHULUAN.. 4
1.1.       Latar Belakang. 4
1.2.       Rumusan Masalah. 5
1.3.       Tujuan. 5
BAB 2        PEMBAHASAN.. 6
2.1.       PT XL Axiata Tbk. 6
2.1.1.     Visi dan Budaya. 7
2.2.       SDM dan Organisasi 7
2.2.1.     Deskripsi dan spesifikasi tugas. 8
2.3.       Aspek Pemasaran. 9
2.4.       Regulasi dan Prosedur Pendirian Perusahaan. 10
2.4.1.     Bentuk-bentuk usaha. 10
2.4.2.     Prosedur dan Legaliat
2.5.       Aspek Keuangan. 12
2.5.1.     Estimasi Biaya/Satuan Biaya. 13
2.5.2.     Penyusunan Anggaran. 13
2.5.3.     Penyusunan Cashflow.. 14
2.6.       Time Value of Money & Suku bunga pencatatan keuangan sederhana. 14
BAB 3        PENUTUP. 18
3.1.       Kesimpulan. 18
3.2.       Saran. 18







BAB 1  
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun beroperasi  di pasar Indonesia, PT XL Axiata Tbk atau disebut juga XL merupakan salah satu penyedia layanan seluler terkemuka di Indonesia. Saat ini, XL dipandang sebagai salah satu penyedia layanan seluler untuk Data dan Telepon terkemuka di Indonesia.
XL memulai usaha sebagai perusahaan dagang dan jasa umum pada tanggal 6 Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari. Pada tahun 1996, XL memasuki sektor telekomunikasi setelah mendapatkan izin operasi GSM 900 dan secara resmi meluncurkan layanan GSM. Dengan demikian, XL menjadi perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon seluler.
PT. XL Axiata Tbk sebelumnya bernama PT. Excelcomindo Pratama Tbk karena Pada tanggal 16 November 2009, RUPSLB XL menetapkan perubahan nama perusahaan dari PT. Excelcomindo Pratama Tbk menjadi PT XL Axiata Tbk adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang memiliki dua link produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996 dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia.
Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia, melalui jangkauan jaringan dan layanan yang luas di seluruh Indonesia, XL Axiata menyediakan layanan bagi pelanggan ritel dan menawarkan solusi bisnis untuk pelanggan korporat.  Layanan-layanan ini meliputi Data, Voice, SMS dan layanan bernilai tambah digital.  XL Axiata mengoperasikan jaringan pada teknologi GSM 900/DCS 1800 dan IMT-2000/3G.
XL Axiata juga memegang Izin Penyelenggaraan Jasa Penyediaan Konten, Izin Penyelenggaraan Jasa Akses Internet (ISP), Izin Penyelenggaraan Jasa Interkoneksi Internet (NAP), Izin Penyelenggaraan Jasa Internet Teleponi untuk Keperluan Publik (VoIP), Izin Penyelengagraan Jaringan Tetap Tertutup (Closed Fixed Network/ Leased Line) serta Izin Penerbit E-Money dari Bank Indonesia yang memungkinkan XL Axiata untuk dapat menyediakan jasa pengiriman uang kepada pelanggannya.

1.2.       Rumusan Masalah

1.      Bagaimana regulasi dan prosedur perusahaan? 
2.      Bagaimana dengan SDM dan organisasi yang terdapat didalam perusahaan? 
3.      Bagaimana dengan aspek pemasaran yang ditawarkan oleh perusahaan? 
4.      Bagaimana dengan aspek keuangan perusahaan? 

1.3.       Tujuan

1.      Untuk mengetahui regulasi dan prosedur perusahaan tersebut. 
2.      Untuk mengetahui SDM dan Organisasi dalam perusahaan tersebut. 
3.      Untuk mengetahui aspek-aspek pemasaran sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. 
4.      Untuk mengetahui aspek-aspek keuangan dari perusahaan tersebut.


BAB 2  
PEMBAHASAN

2.1.       PT XL Axiata Tbk.

2.1.1.      Visi dan Budaya

Visi
Untuk menjadi penyedia konektivitas data yang paling disukai pada tahun 2020

Budaya
1.      Uncompromising Integrity
Memiliki standar etika tinggi dan tidak ada toleransi terhadap perilaku yang tidak etis
2.      Team Synergy
Penuh semangat dalam bekerja sama dan memastikan tujuan bersama tercapai
3.      Simplicity
Melakukan yang terbaik untuk memberikan solusi yang mudah digunakan dan melebihi harapan pelanggan.
4.      Exceptional Performance
Selalu semangat dalam memberikan kinerja terbaik.

2.2.       SDM dan Organisasi

Struktur organisasi dari perusahaan PT XL AXIATA .Tbk yaitu:
1.      Struktur data kelola perusahaan
Gambar 2.1 Struktur kelola perusahaan

2.      Struktur Organisasi

Gambar 2.2 Struktur Organisasi


2.2.1.       Deskripsi dan spesifikasi tugas

Sistem penggajian
Sistem Penggajian di perusahaan PT XL AXIATA .Tbk


Gambar 2.3 Informasi Gaji

2.3.       Aspek Pemasaran

Spesifikasi produk/jasa PT XL AXIATA .Tbk
1.      Jasa layanan seluler ( meliputi 2G,IMT-2000/3G)
2.      Jasa akses internet
3.      Jasa internet teleponi untuk keperluan publik
4.      Jasa penyedia konten
5.      Jasa pengiriman uang bagi badan usaha selain bank
6.      Jasa penerbitan uang elektronik
7.      Jasa interkoneksi internet
8.      Jaringan tetap tertutup

a.       Analisis situasi pasar (sesuai produk/jasa yang ditawarkan)
Tujuan atau sasaran dari XL AXIATA adalah dari semua kalangan yg menggunakan jasa/barang untuk menggunakan jasa internet XL AXIATA
b.      Analisis pesaing (sesuai produk/jasa yang ditawarkan)
Keberhasilan bisnis salah satunya tau akan kemampuan pesaingnya ,dengan menopang manajemen dalam memutuskan akan bersaing dan bagaimana posisi di antara pesaing, XL AXIATA bisa bersaing dengan perusahaan internet yg lain dan tergolong perusahaan yg bisa bersaing.
c.       Strategi promosi
XL AXIATA mempunyai beberapa strategi promosi melalui banner, reklame, event2 besar yg di selengkagarakan serta menjanjikan promosi2 yang menggiurkan agar membuat pelanggan menarik.
d.      Media promosi berbasis TI
Media promosi berbasis TI meliputi Iklan di TV, Iklan pada situs2 web, Iklan pada aplikasi pemutar video (Youtube) dan juga di media sosial berupa Facebook, Twitter dan Instagram.


2.4.       Regulasi dan Prosedur Pendirian Perusahaan

2.4.1.      Bentuk-bentuk usaha

PT XL Axiata Tbk. memiliki satu anak perusahaan dengan membagi sahamnya 50% dengan PT Indosat Tbk.
Perusahaan ini bernama PT One Indonesia Synergy yang bertujuan untuk melakukan aktivitas konsultansi dan manajemen fasilitas Komputer, termasuk fasilitas infrastruktur perangkat lunak dan perangkat keras di telekomunikasi.

2.4.2.      Prosedur dan Legalitas

1.      Dasar Hukum Pendirian
Tanggal Pendirian : 6 Oktober 1989
Tanggal Pendirian : 6 Oktober 1989
Legal Foundation of Establishment
Akta pendirian no. 55, tanggal 6 Oktober 1989 sebagaimana diubah oleh Akta no. 79 tanggal 17 Januari 1991, keduanya dibuat di hadapan Rachmat Santoso, S.H., notaris di Jakarta, dan telah disahkan oleh menkumham berdasarkan Keputusan No. C2-515 HT.01.01.TH.91 tanggal 19 Februari 1991, dan didaftarkan dalam Daftar Perusahaan di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di bawah no. 670/not/1991/pn.JKT.SeL dan no. 671/not/1991/pn.JKT.SeL, keduanya tanggal 21 Agustus 1991, dan telah diumumkan dalam Berita negara Republik Indonesia no. 90 tanggal 8 november 1991, Tambahan no. 4070.

2.      Struktur Permodalan
Gambar 2.4 Struktur Permodalan
3.      Produk dan Layanan
a.       Jasa layanan seluler ( meliputi 2G,IMT-2000/3G)
b.      Jasa akses internet
c.       Jasa internet teleponi untuk keperluan publik
d.      Jasa penyedia konten
e.       Jasa pengiriman uang bagi badan usaha selain bank
f.        Jasa penerbitan uang elektronik
g.      Jasa interkoneksi internet
h.      Jaringan tetap tertutup

4.      Legalitas Perusahaan

Nama Perusahaan
PT XL Axiata Tbk
Alamat Perusahaan
No.Kav 11, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav. X-2 No. 5, RT.9/RW.4, Kuningan Timur, Setia Budi, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Bidang Usaha
Penyediaan jasa telekomunikasi, jaringan telekomunikasi dan multimedia
No.Telepon
(+62 21) 576 1881
No.Faximile
(+62 21) 579 59928
Email




2.5.       Aspek Keuangan

a.       Komponen Biaya
PT XL Axiata memiliki komponen biaya sebagai berikut :
Gambar 2.5 Komponen Biaya PT XL Axiata

Berdasarkan data diatas, penjualan setiap tahunnya mengalami perubahan, ada yang mengalami kenaikan dan ada pula yang mengalami penurunan. Terkecuali saham, karena jumlah lembar sahamnya selalu mengalami kenaikan hanya pada tahun 2014 jumlah sahamnya tetap seperti pada saham tahun 2013.

2.5.1.      Estimasi Biaya/Satuan Biaya

Berkat segala upaya dan kerja keras yang dilakukan oleh seluruh manajemen dan karyawan, pendapatan dari hasil penjualannya stabil diatas 21ribu (dinyatakan dalam jutaan rupiah). Hal ini dikarenakan persaingan usaha yang semakin meningkat diantara para penyedia layanan yang serupa.
Gambar 2.6 Perbandingan Pendapatan

2.5.2.      Penyusunan Anggaran

            Dikarenakan persaingan yang semakin ketat, pertumbuhan dari aset dan liabilitas dari PT XL Axiata ini terbilang wajar, karena setiap tahunnya mengalami kenaikan dan penurunan tetapi angka tersebut masih didalam batas stabil.
Gambar 2.7 Anggaran

2.5.3.      Penyusunan Cashflow

Dari data yang ada, Penerimaan dari pelanggan operator lain mengalami kenaikan, namun biaya lainnya mengalami kenaikan pula, hal itu yang menyebabkan kas bersih yang diterima lebih kecil di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, kas pada akhir periode mengalami kenaikan yang cukup tinggi.
Gambar 2.9 Cashflow PT XL Axiata


2.6.       Time Value of Money & Suku bunga pencatatan keuangan sederhana

Catatan keuangan
Keuangan dari PT XL Axiata dirangkum dalam suatu laporan keuangan sederhana dalam gambar berikut :












BAB 3  
PENUTUP

3.1.       Kesimpulan

Dari paparan atau penjelasan di atas, maka kami dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah pengantar bisnis informatika yang berisi informasi tentang PT. XL Axiata, bahwa PT. XL Axiata merupakan perusahaan swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon seluler dan Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia yang mempunyai mayoritas saham dimiliki oleh Axiata melalui Axiata Investments (Indonesia) yang merupakan induk perusahaan PT. XL Axiata Sdn. Bhd sebanyak (66,4 %) dan sisanya dipegang oleh publik (33,6 %).

3.2.       Saran

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya kami akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentu juga dapat di pertanggung jawabkan.
Kami juga membutuhkan kritik dan saran agar bisa menjadikan motivasi bagi kami agar kedepan bisa lebih baik. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu sehingga makalah ini dapat kami selesaikan dengan tepat waktu.




DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Kalkulator Sederhana

Mengenal Kebudayaan Betawi 'Palang Pintu'

Program dan Flowchart Program Login menggunakan Bahasa C